Senin, 18 Juni 2012

Menanam Pohon Untuk Keseimbangan Alam

Hidup kisah paling unik diantara proses-proses penciptaan Tuhan. Alam semesta diciptakan oleh tuhan untuk keseimbangan maha karya Tuhan. Alam semesta diciptakan bukan untuk makhluk Nya melainkan keseimbangan alam itu sendiri. Manusia hanya salah satu ciptaan tuhan dari kesekian banyak dari karya-karya Tuhan yang maha tinggi. Manusia merupakan makhluk yang mampu memimpin dari sebagian alam tuhan, karena insan telah dicipta dengan sempurna. Kesempurnaan insan tidak akan terasa sempurna apabila tak mampu menjaga keseimbangan alam semesta. Sekian banyak fenomena yang mengambarkan alam yang ada dibumi mulai runtuh. Dapat dipandang dari kejadian alam seperti kabakaran hutan, kota-kota mulai tengelam, pulau-pulau kecil menghilang, dsb. Itu semua ditumpukan pada tidak imbangnya kehidupan para ciptaan Tuhan di muka bumi. Salah satu cara yang paling sederhana dan sulit menjaga keseimbangan adalah mensyukuri nikmat Tuhan. Salah satu mensyukuri nikmat Tuhan adalah menanam pohon dilingkungan sekitar hunian. Pohon adalah teman yang paling setia terhadap kehidupan manusia. Setidaknya setiap manusia mempunyai satu tanaman pohon yang bisa melindungi idupnya dari akibat ketidakimbangan alam yang lain.
Cara menanam pohon yang indah dan bermanfaat di pekarangan adalah tanaman yang paling disukai dari pemiliknya.
Langkah menanam pohon yang bisa menjaga keseimbangan alam.
  1. Mencari lokasi menanam pohon yang strategis
  2. Mengali lubang dengan ukuran standar
  3. Mengubur atau mendasari liang dengan pupuk setinggi seper empat dari kedalamnan lubang / liang.
  4. Pupuk ditutup dengan tanah sehat, untuk melindungi akar pohon bersentuhan langsung dengan pupuk.
  5. Menunggu pupuk dingin terlebih dahulu. menghilangkan proses fregmentasi di didalam liang. karena proses ini bisa mengakibatkan suhumeningkat sehingga mematikan akar pohon. Menunggu satu malam bila masih panas.
  6. Setelah dingin baru menanam pohon, yang senelumya telah terlapisi antara ruang pupuk dan akar pohon.
  7. Menutup akar dengan tanah yang baik. Tanah jangan di beri tekanan tekanan yang nantinya bisa merusak akar dan menyulitkan akar pohon yang baru berpindah tempat.
  8. Memberikan pantuan topang pohon yang baru ditanam dan memberi tanda sampai sekranya pohon sudah kokoh.
Perawatan cukup dilakukan menyiram puhon yang rutin dan baik. Perawatan sederhana yang lainya yaitu menjaga keindahan pohon dan kenyamanan.

Baru
Daftar isi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah menanggapi dengan kata santun. Anda lebih bermanfaat dari pada Kami. Bila berkenan membagi pengalaman Anda di halaman ini kepada teman & saudara Anda.