Senin, 18 Juni 2012

Sosial dan Alam

Mengenal berarti belajar. Ketika akan mengenal sesuatu maka ada usaha untuk mengetahuai sesuatu tersebut. Usaha mengetahui merupakan proses belajar. Alam dan sosial dikaitkan juga dengan kehidupan manusia. Pada dasarnya manusia tidak bisa hidup secara iduvidu. Alam menjadi pendamping kehidupan manusia yang menjadikan manusia hidup sosial. Saling mengenal menjadikan kehidupan manusia menjadi harmonis di lingkungan masyarakat tersebut.
Saling mengenal dapat mengurangi tekanan hidup dalam memenuhi kebutuhan induvidu. Masyarakat yang terdapat saling mengenal, beban hidup menjadi lebih ringan. Pada survai kehidupan di wilayah desa Sambak terdapat gambaran bahwa masyarakat sangat solit dengan kehidupan gotong royong. Masyarakat tersebut mengalami perkembangan ekonomi yang sangat baik. Semua kehidupan saling berkaitan dengan proses ataupun dengan lingkungan yang lain sehingga ini dapat disebut hidup sosial.
Perilaku sosial yang baik dapat diperoleh dengan sarana perkumpulan yang mengundang adanya saling bertemunya antar mansyarakat. Saling berinteraksi antar kelompok dengan kelompok, atau induvidu dengan induvidu, kelompok dengan iduvidu. Hal-hal ini dapat dilakukan dengan mengadakan pengajian, musyawarah rutin, saling mengundang tatkala mengadakan acara.
Sosial dan alam mempunyai hubungan yang sangat erat tidak bisa dipisahkan adanya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah menanggapi dengan kata santun. Anda lebih bermanfaat dari pada Kami. Bila berkenan membagi pengalaman Anda di halaman ini kepada teman & saudara Anda.